Posted on 18.46

keindahan bunga sakura




Sakura adalah istilah mekarnya bunga cherry di Jepang. Jadi salah besar ding kalo nyangkaSakura itu nama bunga. Kata terdekatnya, yaitu saku artinya adalah mekar (blossoms). Jadi, peristiwa mekarnya bunga cherry (cherry blossoms) varietas Prunnus serrulata disebut sakuradan entah sejak kapan bunga cherry tersebut menjadi bunga sakura.
Oya, bunga Sakura sendiri tidak hanya terdapat di Jepang lho. Di China dan di Korea juga kebanyakan Asia Timur lainnya juga ada mekarnya bunga Sakura.

Hanami
Di Jepang sendiri ada suatu tradisi menikmati bunga sakura (semacam piknik gitu) dengan menggelar tiker di bawah pohon cerri yang sedang mekar (sakura) sambil makan-makan dan bercanda ria bersama keluarga. Nama tradisi itu adalah Hanami. Jika ditelusuri sejarahnya,tradisi Hanami itu sendiri berasal dari periode  Nara (710-794 M). Hanya saja saat itu bukan sakura yang jadi objeknya, melainkan bunga pohon uma (sejenis cerry).

Bunga sakura pertama kali mekar di Okinawa, yaitu pada pertengahan bulan Januari. Di Kyushu bunga sakura mekar pada akhir bulan Maret, sedangkan di Tokyo bunga sakura mekar di awal bulan April. Di Hokkaido bunga sakura mekar bulan Mei. Mekarnya bunga sakura ini menandakan datangnya haru(musim semi) dan bertepatan dengan tahun ajaran baru serta masa penerimaan karyawan baru. Pada saat bunga sakura hampir mekar, di tv ada pemberitaan tentang perkiraan kapan bunga sakura kuncup dan mekar sempurna (mankai). Hari mekarnya bunga sakura sangat ditunggu-tunggu oleh orang Jepang.


Bunga sakura tidak hanya sedap dipandang, tapi juga nikmat diminum dalam bentuk teh bunga sakura, yang lebih dikenal dengan sebutan sakuracha. Oh iya bila suatu saat kita berkesempatan ke Jepang dan menikmati Sakura, daerah-daerah ini menyajikan Sakura yang sangat cantik.
1. Daerah Kanto
Tokyo: Taman Ueno (Distrik Taito), Taman Shinjuku (Distrik Shinjuku), Taman Sumida (Distrik Sumida), Taman Koganei (Kota Koganei), Taman Inogashira (Kota Musashino)
2. Daerah Tokai
Perfektur Gifu : Taman Usuzumi/ Neodani (Kota Motosu), Pinggir Sungai Shinsakai (Kota Kakamigahara), Kamagatani (Kota Ikeda)
3. Daerah Kansai
Osaka : Taman Istana Osaka (Osaka), The Mint Bureau (Osaka), Taman Expo ‘70 Perfektur Hyogo : Taman Istana Himeji (Kota Himeji), Taman Akashi (Kota Akashi), Taman Shukugawa (Kota Nishinomiya) Perfektur Nara: Taman Nara (Kota Nara), Gunung Yoshino (Kota Yoshino), Taman Kooriyamajoshi (Kota Yamato Kooriyama)



Read More

0 Responses to keindahan bunga sakura

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.